Saat ini, ada kekhawatiran global dalam pangan dunia. Manajemen ternak didorong untuk terus meningkatkan produksi hasil ternaknya. Peternakan terus berjuang dalam meningkatkan proses dan kualitas produksi , salah satunya dengan melakukan penghematan biaya dan pengurangan limbah.

Kemajuan baru dalam teknologi memainkan peran penting dalam membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi peternakan. Internet of Things (IoT) dapat menjadi salah satu solusi dalam mengoptimalkan peternakan mereka, contohnya pemantauan jarak jauh kesehatan ternak dengan data logger. Selain itu, ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dalam pengaplikasian IoT di perternakan.

Memantau tingkat kesehatan
Pemantauan kesehatan hewan ternak sangatlah penting untuk mencegah penyakit dan dapat mendiagnosis penyakit lebih awal jika muncul gejalanya. Solusi IoT seperti pita elektronik yang dapat digunakan pada hewan dengan kemampuan mengalirkan data ke cloud. Pita elektronik dan sensor dipasangkan pada hewan untuk membantu pencatatan data kesehatan ternak.

Memantau detak jantung, laju pernapasan, tekanan darah, sistem pencernaan, dan bagian tubuh vital lainnya dapat membantu peternak tetap up-to-date terhadap tingkat kesehatan ternak mereka. Selain itu, melacak faktor-faktor ini juga berkontribusi dalam pemecahan masalah pakan hewan ternak.

Pemantauan siklus reproduksi
Mengamati siklus reproduksi hewan secara manual memang membosankan, tetapi dengan bantuan pemantauan ternak berbasis IoT seperti data logger dapat menjadi lebih mudah. Misalnya, Data Logger yang terhubung dapat membantu memantau dan mengukur suhu sapi saat panas, karena sapi bisa panas selama sekitar delapan jam.

Bukan hanya itu, perangkat yang sama dapat memberi tahu peternak ketika sapi masuk ke ruang produksi sehingga proses melahirkan anak lebih aman. Pemantauan yang dilakukan dengan data logger sepenuhnya menghilangkan kebutuhan pengawas sapi saat proses melahirkan dan mampu melakukan kelahiran yang lebih aman dan sukses.

 

Pelacakan lokasi
Menjadi hal yang umum bagi ternak untuk memisahkan diri dari kawanan ketika mereka sakit atau panas. Seringkali, peternak menghadapi kesulitan menemukan ternak yang terpisah ini. Dengan bantuan IoT, hewan dapat ditandai dengan penggunaan kalung atau sensor dan hewan dapat dengan mudah digunakan.

Perangkat IoT melacak pola pergerakan hewan, memantau mereka, dan membantu mengoptimalkan pola penggembalaan mereka. Selain itu, sensor yang terintegrasi ke dalam perangkat IoT dapat memberi tahu peternak saat perilaku ternak tiba-tiba berubah.

Memaksimalkan produksi ternak
Memantau perilaku ternak adalah salah satu tugas paling penting bagi peternak. Dengan menggunakan perangkat IOT, mudah untuk mengkorelasikan pergerakan hewan ternak dengan perilaku tertentu seperti menggembalakan atau berbaring untuk mengunyah makanan.

Dengan memantau perilaku sapi, seorang peternak dapat dengan mudah mengidentifikasi apakah sapi perlu diperah pada saat itu. Tidak hanya itu, perangkat IoT juga dapat membantu mengukur jumlah dan kecepatan pemerahan susu. Demikian pula, mereka juga dapat melacak jumlah makanan yang dikonsumsi seekor sapi dalam sehari.

Sensor diikat di leher sapi, membantu peternak dalam hewan ternaknya sesuai kebutuhan. Semua data yang dikumpulkan dari aktivitas sapi memungkinkan peternak membantu sapi dalam meningkatkan pola makan mereka dan meningkatkan pemerahan susu. Perangkat IoT seperti data logger dapat membantu peternak dalam meningkatkan pemantauan ternak mereka.

Kesimpulan
Solusi IoT untuk peternakan yang didukung oleh data real-time dapat membantu meningkatkan kinerja peternakan. Peternak dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam efisiensi peternakannya. Peternak dapat mulai meningkatkan produktivitas dan pendapatan yang lebih besar dengan mengintegrasikan sistem pemantauan ternak.

Loggerindo.com jual Data Logger untuk pertenakan berkualitas. HOBO U23 Pro v2 External Temperature Data Logger – U23-004 dari onset sangat cocok digunakan dalam pertenakan. Data logger ini akan memantau suhu dan kelembaban kandang dan tempat produksi ternah seperti kandang telur atau ruang perah. Data logger U23 dapat membantu peternak dalam meningkatkan produksinya.

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi marketing kami melalui Whatsapp di 087878670721 (klik langsung nomor tersebut), email ke marketing.hobo@taharica.com atau melalui LiveChat website kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *