Masalah
Mengetahui bahwa data ketinggian air dan pemantauan aliran yang akurat adalah kunci untuk melindungi habitat lahan basah yang berharga, sebuah organisasi konservasi di kota Illinois (illinois) melakukan pemantauan ketinggian air di area lahan basah seluas 65 hektar yang mencakup danau seluas 15 hektar. Organisasi ini ingin memahami bagaimana respons lahan basah / danau terhadap kondisi atmosfer, yang secara langsung memengaruhi kinerja lahan basah. Untuk mendapatkan data yang diperlukan, selain memantau ketinggian air sungai yang berada di sungai, danau, dan lahan basah, mereka juga perlu memantau berbagai parameter cuaca.

Mereka juga ingin melihat data dari jarak jauh (terutama selama peristiwa badai) untuk mengetahui kapan sampel air perlu dikumpulkan. Setelah mengetahui bahwa sebagian besar sistem yang memantau ketinggian air dan cuaca sangat mahal, rumit, dan sulit dikonfigurasi, peneliti yang bertanggung jawab atas proyek tersebut menghubungi Onset untuk mendapatkan solusi yang lebih sederhana dan lebih ekonomis.

Solusi
Bekerja dengan spesialis aplikasi Onset, peneliti menentukan bahwa tujuan proyek dapat dicapai dengan menggunakan tiga Water Level Station HOBO MicroRX. Stasiun Water Level MicroRX menawarkan solusi terpadu yang terjangkau untuk pemantauan di masing-masing tiga lokasi – sungai, danau di dalam lahan basah, dan lahan basah itu sendiri. Dengan kemampuan komunikasi seluler untuk secara langsung memasukkan data ke HOBOlink, platform perangkat lunak berbasis cloud Onset, stasiun ini memungkinkan pengguna untuk membuat dasbor mereka sendiri, mengakses data, mengkonfigurasi alarm teks / email otomatis, dan melihat tren terkini dalam grafik – semua dengan menggunakan perangkat apa pun dengan koneksi internet.

Water Level Station MicroRX juga dilengkapi dengan sensor tekanan barometrik terintegrasi dan sensor ketinggian air tanpa ventilasi yang memperlukan sedikit perawatan, dan memiliki lima input untuk sensor plug-and-play untuk memantau parameter cuaca seperti curah hujan, radiasi matahari, suhu, dan kelembaban.

Peneliti dan timnya mengerahkan Water Level Station MicroRX di tiga lokasi, dengan sensor ketinggian air dipasang di sumur pipa. Mereka juga menyiapkan sensor untuk mengukur curah hujan dan aliran masuk, faktor paling signifikan yang mempengaruhi jumlah air yang masuk ke area lahan basah. Sensor tambahan, untuk mengukur suhu, kelembaban, dan cahaya, memberikan masukan bagi HOBOlink untuk menghitung secara otomatis jumlah air yang menguap melalui evapotranspirasi (ET).

Hasil
Setelah hujan badai besar pertama, data yang dikumpulkan oleh water level station di lokasi danau menunjukkan bahwa permukaan air telah meningkat hampir 13 cm dalam waktu kurang dari sepuluh jam, sedangkan akumulasi curah hujan di danau tersebut adalah 7cm untuk periode waktu yang sama.

Mengingat luas lahan basah yang memberi makan danau, tim dapat mengetahui bahwa curah hujan sebesar 7 cm biasanya akan membuat danau naik lebih dari 12 cm. Namun, karena data stasiun, mereka dapat menyimpulkan bahwa lahan basah menyerap sebagian besar curah hujan, sehingga memiliki dampak positif yang signifikan terhadap ekosistem daerah tersebut. Tim juga merasa terbantu dengan kemampuan water level station untuk melihat kondisi iklim dan data ketinggian air secara bersamaan di dasbor yang sama, serta mampu mengunduh data dari tiga stasiun sebagai satu file data untuk analisis mendalam dalam program statistik.

Dengan menggunakan HOBOlink, tim peneliti juga mengatur pemberitahuan alarm otomatis agar mendapat peringatan melalui teks dan / atau email ketika curah hujan lebih dari 1.2 cm terjadi dalam periode empat jam. Pemberitahuan tersebut memberi tahu mereka dengan tepat kapan harus pergi ke lokasi untuk mengumpulkan sampel air yang akan diuji karena kekhawatiran tentang kemungkinan residu pupuk dari ladang pertanian terdekat masuk ke dalam limpasan hujan.

Dengan HOBOlink, tim juga dapat memantau lahan basah secara real time, dan mereka merasa sangat mudah menggunakan fitur HOBOlink yang secara otomatis menghitung aliran aliran dari data ketinggian air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *