Mengukur_Dampak_Kualitas_Udara_dan_Polusi_Dalam_Ruangan_di_Rumah_atau_Perkantoran

Hubungan antara kualitas udara dalam ruangan dengan kesehatan manusia merupakan hubungan yang kompleks dan saling berpengaruh. Kualitas udara yang Anda hirup di dalam ruangan dapat memiliki banyak efek yang berbeda pada kesehatan Anda. Dan karena itu, kualitas udara yang baik di dalam rumah atau perkantoran dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan.

Udara dalam ruangan yang mengandung partikel berbahaya dengan tingkat polusi yang tinggi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, beberapa di antaranya dapat terjadi secara langsung setelah terkena polusi dan yang lain tidak muncul langsung hingga bertahun-tahun.

Apa Penyebab Kualitas Udara Dalam Ruangan Buruk?
Penyebab utama kualitas udara yang buruk dalam ruangan adalah sumber polusi dalam ruangan yang melepaskan partikel, gas, atau racun ke udara. Ventilasi yang tidak layak dapat Menimbulkan masalah aliran udara. Polutan yang ada di interior ruangan gagal mengalami pertukaran emisi dengan udara segar. Jika suhu atau kelembaban tinggi, maka dapat menyebabkan peningkatan konsentrasi polutan tertentu.

Apa Pengaruh Kualitas Udara Dalam Ruangan yang Buruk?
Masalah kesehatan yang terkait dengan kualitas udara dalam ruangan yang buruk dapat muncul segera setelah terpapar atau bertahun-tahun kemudian, tergantung pada jenis kontaminan yang terpapar orang tersebut dan jumlah yang terhirup.

Efek langsung dari menghirup udara yang buruk adalah sakit kepala, pusing, kelelahan, iritasi mata, hidung dan tenggorokan. Efek-efek ini umumnya bersifat jangka pendek dan akan hilang ketika kualitas udara membaik. Hal tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan ventilasi dan menggunakan filter udara berkualitas tinggi untuk menghilangkan kontaminasi udara.

Kualitas udara yang buruk juga dapat memperburuk gejala beberapa masalah kesehatan umum, termasuk asma dan pneumonitis hipersensitivitas, menyebabkan kondisi orang yang terkena memburuk segera setelah terpapar. Dalam banyak kasus, kondisi seseorang akan membaik setelah paparan orang tersebut terhadap sumber polusi udara dalam ruangan dihilangkan.

Kualitas udara yang buruk di dalam ruangan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. Diawali dengan gejala yang sering muncul bertahun-tahun atau berulang kali dikarenakan terpapar polutan udara berbahaya. Banyak efek kesehatan jangka panjang dari kualitas udara dalam ruangan yang buruk bahkan sangat fatal bagi tubuh, seperti penyakit jantung, beberapa penyakit pernapasan, dan berbagai jenis kanker.

Langkah Yang Diambil Untuk Meningkatkan Kualitas Udara Dalam Ruangan
Sebagian besar dari kita cukup nyaman tinggal, bekerja dan tidur di kamar ber-AC. Sedikit yang kita tahu bahwa selain kita, ada jutaan dan miliaran mikroorganisme kecil yang juga berbagi lingkungan dalam ruangan yang sama dengan kita. Termasuk polutan-polutan kecil yang dapat memperburuk kualitas udara. Oleh sebab itu, diperlukan antisipasi berupa peningkatan kualitas udara agar kandungan udara tidak tercemar polutan yang banyak.

Untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan seperti kantor, tempat kerja, ruang rapat, atau bahkan rumah Anda, maka dapat dilakukan dengan mengganti pendingin ruangan menjadi terbaru, melakukan maintenance apabila pendingin ruangan atau sistem HVAC terdapat kotoran dan debu.

Jika dibiarkan kotor, maka didalam sistem pendingin atau HVAC tersebut akan terdapat milyaran bakteri dan virus yang terperangkap (misalnya, dalam ventilasi AC) dan akan dikeluarkan kembali ke dalam ruangan yang sama sehingga beresiko tinggi bagi kesehatan penghuni di rumah atau kantor.

Mesin atau peralatan yang tidak dirawat dengan baik adalah sumber umum polusi udara dalam ruangan dan mengancam keselamatan udara yang kita hirup. Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan polusi udara dalam ruangan dapat menyebabkan infeksi pernapasan bawah akut pada anak-anak di bawah lima tahun, dan penyakit paru obstruktif kronis dan bahkan kanker paru-paru pada orang dewasa.

Kegiatan harian di dalam ruangan seperti memasak dan memanaskan sesuatu dengan bahan bakar biomassa, seperti jerami, kayu, residu pertanian, atau batubara dapat menghasilkan kandungan asap dan gas dalam ruangan yang tinggi yang mengandung berbagai polutan yang merusak kesehatan.

Dampak dari polusi udara dalam ruangan dan juga pentingnya kualitas udara dalam ruangan yang lebih baik selalu di bawah perkiraan oleh sebagian besar dari kita dan kurangnya kesadaran di antara masyarakat perlu ditangani untuk memerangi masalah yang semakin mengkhawatirkan ini.

Untuk melakukan peningkatan kualitas udara, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memantau kualitas udara. Pemantauan kualitas udara dapat menggunakan HOBO CO2 Data Logger MX1102.

HOBO CO2 Data Logger MX1102 mengukur, memantau polusi CO2 atau karbon dioksida didalam ruangan secara praktis dan canggih. Pemantauan CO2 sangatlah penting dalam mengukur kualitas udara dan memastikan kualitas udara tetap sehat.

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi marketing kami melalui Whatsapp di 087878670721 (klik langsung nomor tersebut), email ke marketing.hobo@taharica.com atau melalui LiveChat website kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *