Air merupakan benda cair yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. Air di alam mengalir melalui sungai dari hulu ke hilir serta memiliki ketinggian yang beragam. Ketinggian air tergantung dari volume, lebar sungai dan kelancaran sungai. Jika volume air yang mengalir besar namun lebar sungai tidak cukup, maka air akan meninggi sehingga ketinggian air disungai akan mendekati permukaan dan bisa menimbulkan bencana banjir.

Ketinggian air dapat dipantau dengan menggunakan mata secara langsung atau menggunakan alat pengukur ketinggian air. Alat pengukur ketinggian air dibagi menjadi dua jenis, yaitu analog dan digital. Alat pengukur ketinggian air analog adalah alat pengukur ketinggian yang menggunakan penggaris besar untuk menentukan ketinggian air. Biasanya, penggaris diletakkan dibagian tepi atau pinggir sungai yang tegak. Alat pengukur ini masih dipakai diberberapa pintu air karena hemat dan dapat diketahui tingginya secara langsung.

Namun, alat pengukur ketinggian air analog memiliki kekurangan, diantaranya harus dipantau secara terus menerus karena ketinggian airnya yang berubah-ubah dan harus dihitung secara manual untuk menentukan ketinggian pasti atau rata-ratanya. Alat pengukur ketinggian air analog ini tidak cocok untuk pemantauan secara terus-menerus. Oleh karena itu, dibuatlah Alat pengukur ketinggian level air digital.

Alat pengukur ketinggian level air digital adalah alat pengukur yang menggunakan teknologi digital untuk mengukur ketinggian level air secara otomatis dan akurat. Alat pengukur ketinggian level air digital dapat menampilkan hasil pengukuran secara cepat dan otomatis melalui LCD. Alat pengukur ketinggian level air mempunyai bentuk yang tidak terlalu besar dan dapat dibawa kemana saja. Alat pengukur ketinggian level air menggunakan prinsip teknologi laser untuk menentukan ketinggian air dari dasar ke permukaan. Alat pengukur ketinggian level air mampu melakukan pengukuran dan pencatatan hasil pengukuran kedalam internal memori secara terus-menerus. Hal ini dikarenakan alat pegukur ketinggian level air digital menggunakan baterai lithium yang awet dan tahan lama.

Pemantauan ketinggian air dengan alat pengukur ketinggian level air digital lebih baik ketimbang yang analog dikarenakan Instalasi yang mudah dan pemantauan dengan alat pengukur digital dapat dilakukan tanpa harus dipantau langsung alias dapat dilihat dari media lain seperti PC/Laptop atau smartphone. Contoh dari alat pengukur ketinggian level air digital adalah Water Level Data Logger HOBO – U20L-02.

Water Level Data Logger HOBO – U20L-02 adalah alat pengukur ketinggian level air digital otomatis yang dapat mengukur ketinggian serta suhu air dengan jangkauan hingga kedalaman 30 meter atau 100 kaki. Water Level U20L-02 mampu mengukur dan memantau ketinggian air di sungai yang dalam sehingga cocok untuk pengaplikasian pengukuran. Selain itu, masih banyak lagi aplikasi dari alat pengukur ketinggian air digitial seperti pemantauan ketinggian air di sungai dan pintu air serta pencegahan banjir akibat peluapan air sungai.

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi marketing kami melalui Whatsapp di 087878670721 (klik langsung nomor tersebut), email ke marketing.hobo@taharica.com atau melalui LiveChat website kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *