Ketika berbicara tentang perawatan “burung ternak” secara umum, ada banyak kesalahpahaman tentang cuaca dingin, dan khususnya yang berkaitan dengan ayam. Ayam merupakan keturunan dari unggas merah hutan tropis.

Dengan demikian, pada dasarnya ayam paling cocok untuk hidup di lingkungan yang hangat, luas, penuh dengan vegetasi untuk bersembunyi dan bertengger, serta beragam sumber makanan tanaman dan mangsa.

Ayam hampir identik secara genetik dengan nenek moyang tropis mereka, mereka telah dibiakkan secara selektif selama bertahun-tahun untuk menghasilkan sifat yang menguntungkan manusia dan manusia dapat mengkonsumsi mereka.

Sementara bulu yang tebal dan jengger yang lebih kecil pada beberapa breed mungkin merupakan ciri-ciri yang selalu dihargai secara sekunder setelah karakteristik seperti pertumbuhan cepat dan bertelur. Sehingga telah menciptakan kesalahpahaman yang serius seputar kebutuhan ayam di iklim dingin.

Paparan suhu beku yang terlalu lama dapat melemahkan sistem kekebalan burung, sehingga dapat menyebabkan hipotermia, radang dingin, dan konsekuensi kehilangan bagian tubuh. Bahkan dalam kasus di mana tidak ada kerusakan permanen yang dilakukan pada burung, ayam yang dipaksa untuk bertahan dalam kondisi beku mengalami ketidaknyamanan yang dapat dicegah.

Menawarkan perawatan burung yang penuh kasih berarti bahwa kita harus mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan semua masalah potensial ini dan fokus pada penyediaan kondisi di mana kita tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar perawatan mereka, tetapi memungkinkan mereka untuk berkembang, tidak hanya bertahan hidup.

Terlebih saat kondisi cuaca ekstrem, ayam sangat membutuhkan suhu yang hangat dan nyaman. Karena itu kandang ayam harus dilengkapi dengan pemanas serta terdapat alat pemantau suhu untuk menyesuaikan suhu kandang. Karenanya dibutuhkan data logger suhu HOBO MX2301A berkemampuan Bluetooth dari Onset untuk memastikan suhu kandang ayam dapat terjaga dengan baik.

Dengan HOBO MX logger, pemilik hanya berdiri di luar kandang dan dapat mengunduh data langsung ke ponselnya dengan aplikasi HOBOconnect sehingga pemilik bisa mendapatkan informasi yang dia butuhkan untuk membuat penyesuaian suhu kandang supaya ayam dapat berkembang biak dengan nyaman dan terhindar dari hipotermia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *