Mengetahui Suhu Makanan Yang Tepat Menggunakan Data Logger

Loggerindo.co.idMakanan adalah sumber energi yang sangat penting bagi makhluk hidup. Tanpa ada makanan dan minuman, Makhluk hidup khususnya manusia tidak dapat bertahan hidup.

suhu makanan
Sumber : detikfood – detikcom

Untuk manusia, makanan merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap saat dan perlu pengolahan yang baik dan benar agar bermanfaat bagi tubuh, karena makanan sangat dibutuhkan untuk oleh tubuh kita. Makanan merupakan hal yang penting untuk sumber tenaga, pertumbuhan, dan melindungi tubuh kita dari penyakit.

Terkadang Makanan juga perlu disimpan di penyimpanan makanan seperti lemari, kulkas, atau tempat makan khusus seperti tempat kotak bekal. Penyimpanan makanan yang baik merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah pembusukan, penurunan kualitas, dan pencemaran mikroba yang dapat menyebabkan penyakit.

suhu makanan
Sumber : detikfood – detikcom

Mengukur suhu pada makanan juga tidak kalah penting nya, kegiatan mengukur temperatur makanan adalah proses mengukur suhu internal atau permukaan dari makanan untuk memastikan bahwa makanan tersebut aman untuk dikonsumsi dan memiliki kualitas yang baik.

Manfaat dari mengukur suhu makanan adalah untuk meminimalkan risiko keracunan makanan dan memastikan keamanan pangan. Ketika makanan dipanaskan pada suhu yang tepat, bakteri dan mikroorganisme lainnya akan terbunuh, sehingga meminimalkan kemungkinan terjadinya infeksi dan keracunan makanan.

Selain itu, mengukur temperatur makanan juga dapat membantu dalam memastikan kualitas makanan, seperti memastikan bahwa daging dimasak secara optimal sehingga memiliki rasa yang enak dan konsistensi yang tepat.

suhu makanan
Sumber : alatuji.co.id

Dalam industri makanan, mengukur temperatur makanan juga penting dalam memastikan keamanan produk dan memenuhi persyaratan regulasi. Oleh karena itu, mengukur temperatur pada makanan merupakan praktik penting dan diperlukan dalam memastikan bahwa makanan yang disajikan aman untuk dikonsumsi dan berkualitas tinggi.

Berikut kisaran temperatur yang tepat pada makanan yang umum digunakan:

  • Makanan dingin: Biasanya disajikan pada suhu di bawah 5 derajat Celsius (41 derajat Fahrenheit).
  • Makanan panas: Biasanya disajikan pada suhu di atas 60 derajat Celsius (140 derajat Fahrenheit) untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Namun, temperatur yang tepat tergantung pada jenis makanan, seperti daging harus disajikan pada suhu minimal 63 derajat Celsius (145 derajat Fahrenheit), sedangkan makanan laut seperti ikan harus disajikan pada suhu minimal 74 derajat Celsius (165 derajat Fahrenheit).
  • Makanan yang dihangatkan kembali: Sebaiknya dihangatkan pada temperatur minimal 75 derajat Celsius (165 derajat Fahrenheit) untuk membunuh bakteri yang mungkin berkembang selama penyimpanan.

Jadi, sangat penting untuk memperhatikan temperatur makanan agar aman untuk dikonsumsi dan mencegah infeksi bakteri yang bisa merugikan kesehatan kita.

Terdapat berbagai alat yang dapat digunakan untuk mengukur temperatur pada makanan, yang salah satunya ialah dengan menggunakan data logger suhu merk HOBO. Yaitu HOBO 5-Inch Probe Temperature Data Logger U12-015-02.

HOBO 5-Inch Probe Temperature Data Logger U12-015-02 merupakan alat pengukur temperatur digital yang dirancang khusus untuk merekam dan memantau suhu makanan secara akurat dan terukur dalam penyimpanan tempat makanan, farmasi, autoklaf dan pengaplikasian sejenisnya.

Data logger suhu makanan HOBO 5-Inch Probe Temperature Data Logger U12-015-02 adalah perangkat yang dapat merekam suhu makanan secara akurat dan terukur dalam berbagai kondisi lingkungan, seperti pada saat pengolahan, penyimpanan, dan pengiriman.

Fungsi utama dari data logger HOBO 5-Inch Probe Temperature Data Logger U12-015-02 adalah untuk memantau temperatur makanan secara akurat dan terukur untuk memastikan keamanan pangan dan kualitas makanan yang baik. Alat ini juga dapat diatur untuk merekam suhu pada interval waktu tertentu untuk membuat grafik dan data trending dari suhu makanan.

Beberapa keunggulan dari data logger temperatur makanan HOBO 5-Inch Probe Temperature Data Logger U12-015-02 adalah:

  • Stainless steel dengan grade food sebesar 316
  • Akurasi tinggi, rentang suhu yang diperluas
  • Cocok untuk penggunaan bertekanan tinggi hingga 2200psi
  • Pembacaan cepat melalui antarmuka USB
  • Probe temperatur eksternal berukuran 5 inci yang dapat menjangkau pusat makanan dengan akurat
  • Dapat diatur dan diprogram dengan mudah menggunakan perangkat lunak HOBOware dan HOBOware Pro yang disediakan, sehingga memudahkan pengguna untuk mengatur dan menganalisis data

Dengan fitur-fitur dan keunggulan tersebut, data logger HOBO 5-Inch Probe Temperature Data Logger U12-015-02 sangat cocok digunakan dalam berbagai aplikasi di industri makanan, seperti di restoran, katering, dan pengolahan makanan, untuk memastikan keamanan dan kualitas makanan yang baik.

Jangan khawatir!… kami memiliki solusi yang tepat untuk pengukuran Temperatur Makanan anda!.. kami menyediakan Data Logger Suhu Makanan yang dapat merekam secara akurat, terdapat juga variasi produk yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan pengukuran suhu pada makanan anda. Data Logger yang kami sediakan juga terdapat fitur-fitur canggih yang dapat memberikan keuntungan bagi anda.

Ingin tau lebih lanjut? atau ingin bertanya? Silahkan hubungi kami melalui :

-Whatsapp : 0878 7867 0721 (Mr. Arya) / 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)

-Email : arya.alatuji@taharica.com / alfin@taharica.com

-Website : loggerindo.co.id / loggerindo.com

 

#datalogger #sensor #detektor #loggerindo #alatuji #taharica

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *